Agro Mono Horti. & Konsultan

Sabtu, 23 Oktober 2010

Bibit Buah Unggul: Durian Monthong Asli Indonesia???


Saya kaget setengah mati ketika di sebuah bukunya F. Rahardi yang berjudul "Mengurai benang kusut Agribisnis Buah Indonesia" menjelaskan bahwa durian Monthong (di Thailandnya: Morn Thong) adalah durian Pontianak. Padahal selama ini kita begitu membanggakannya sebagai durian unggul negeri sebrang. Bahkan ada buku yang memberi buikti ke kita betapa jauh berbedanya dengan durian lokal kita. Durian lokal hanya enak bila ditanam di tempatnya berasal, ditanam di tempat lain langsung brubah!

Tapi durian Monthong wow.....bayangkan saja dalam umur 3 tahun sudah bisa berbuah. Mana ada tanaman durian bisa berbuah secepat itu (Kane juga lebih lambat dikit). Dan kayaknya udah dirancang untuk diekspor, karena baru matang setelah 1 minggu jatuh dari pohon. Bener-bener buah impian.

Tapi kalo dibilang heran, nggak juga. Karena negara kita terkenal sejak dulu sebagai sumber plasma nutfah terkaya. Trus bagaimana kita bisa kecolongan begitu? Ya karena kita nggak menjaganya...wkkwkkk

Contoh paling gres ya kisah  "Jambu Citra".  Udah jlas itu buah unggulan dari Anyer dan udah pula diluncurkan...eee...malah Thailand yang terkenal di dunia sebagai penghasil terbesar. Kan lucu? Untung ada orang Demak, yang rela jadi pionir dan membagikan gratis ke para tetangganya untuk ditanam, Sehingga sekarang kitapun bisa menikmatinya...kalo nggak, anak cucu kita menyebutnya Jambu air bangkok...waduuuhhh....

Apakah benar bahwa Durian Monthong adalah durian asli negara kita? Sebenarnya sih bisa dilacak dari namanya sendiri. Karena orang Thailand memang memberi nama tanaman buahnya dengan ciri khas khusus. Misalnya, Jambu Citra tadi diberi nama oleh mereka sebagai 'Jambu Indo' artinya dari Indonesia. Sedangkan Monthong mungkin saja asal katanya dari Pontianak tapi berhubung pendengaran dan lidah mereka lain jadinya kata 'Morn Thong' yang didapat!







0 ulasan:

Poskan Komentar

Silahkan Anda berkomentar. Namun tetap menjaga kesopanan. Terima-kasih.

 
Free Web Hosting | Top Web Host