Agro Mono Horti. & Konsultan

Sabtu, 06 November 2010

Bibit Buah Salak: SEX in the Garden

Tanaman Salak memang unik, selain pelepah daunnya yang penuh duri, apabila kurang rajin dalam merawatnya maka tanaman Salak akan dipenuhi dengan anakan yang mengelilingi induknya. Dan ini yang menjadi penyebab kegagalan para pekebun Salak baru. Kebun Salak yang berhektar-hektar dimusnahkan/dibongkar bagitu saja, karena dianggap tidak menghasilkan!
Lucunya para penakar bibit Salak Pondoh yang nakal pun memanfaatkan hal ini, mereka menjual bibit Salak ke pembeli tanpa disertai tanaman jantan, mereka berharap akan dipanggil lagi oleh pembeli ini sebagai konsultan dan memanen anakannya, baru kemudian mereka akan menjual tanaman jantannya.Karena Salak Pondoh memang berrumah dua, artinya bunga jantan dan betinanya tidak dalam satu pohon. Sehingga memerlukan bantuan manusia untuk penyerbukannya supaya dihasilkan buah Salak. Bahkan di Pasar Sleman sampai ada penjual khusus bungan jantan Salak Pondoh. Penyerbukannya dengan cara menempelkan bunga jantan yang sudah dipotong dari pohonnya dan ditempelkan di samping/di atas bunga betina. Mungkin yang hampir mirip Salak pondoh adalah tanaman Kurma.

Namun lain dengan Salak Bali sebagai pembanding yang berumah satu, tanpa dibantupun mereka bisa berbuah dengan lebatnya. Keunggulan lainnya, varitas Salak Bali ada yang pelepah daunya tanpa duri, sayangnya jumlah buahnya sedikit. Sehingga belum bisa dikembangkan.

Semoga dengan kesadaran ini, saya tak lagi menyaksikan kebun salak yang dibongkar pemiliknya, karena ketidakpahaman akan hal ini. Ternyata banyak hal yang perlu dilakukan di kebun selain merawat tanaman, juga penyerbukkan secara paksa ini antara bunga jantan dan betina. Sedangkan sekarang, dengan terjadinya semburan Gunung Merapi, tentunya banyak kebun Salak di Sleman yang rusak berat, apalagi Kaliurang yang terkenal dengan tabulampot Salak yang sudah berbuah tentunya lebih memprihatinkan lagi......saya turut berdoa di sini!






0 ulasan:

Poskan Komentar

Silahkan Anda berkomentar. Namun tetap menjaga kesopanan. Terima-kasih.

 
Free Web Hosting | Top Web Host