Agro Mono Horti. & Konsultan

Sabtu, 06 November 2010

Bibit Buah Lengkeng: Si Itoh yang Rindu Dirangsang!



Dulu jaman aku kecil, tiap kali lewat kota Salatiga sampai Ambarawa selalu disuguhi pemandangan deretan pohon Lengkeng (Democarpus longan) yang berjejer sepanjang jalan. Namun sekarang sudah banyak yang ditebang oleh pemiliknya, apalagi buah Lengkeng lokal Ambarawa sudah pudar pamornya oleh masuknya buah Lengkeng Bangkok dari Thailand.
Adalah orang dari Demak yang sadar akan situasi ini. Diapun pergi langsung ke Thailand untuk mencari tahu ikhwal unggulnya buah Lengkeng Bangkok ini. Dia menemukan Lengkeng 'Pimpong" (buahnya sebesar bola Pimpong) yang aslinya justru dari Vietnam tetapi berkembang luas di Thailand, yang mengagetkan bahwa Lengkeng ini bisa hidup di dataran rendah. Dia menyelundupkan bibitnya, dengan dimasukkan ke bagasinya tanpa tanah. Nekad dan beresiko tinggi! Sesampainya di Demak, bibit ini bisa tumbuh dan sayangnya (sekali lagi) kurang mendapat respon dari penduduk sekitar. Kepopuleran Lengkeng ini baru bisa melejit oleh seorang penakar bibit di daerah Prambanan.
Sejak saat itu, banyak varitas Lengkeng dataran rendah yang masuk ke Indonesia. Baik dari Thailand, Vietnam, Malaysia, China, bahkan kemudian muncul Lengkeng lokal yang bernama 'Sugiri'. Dari sekian banyak Lengkeng tersebut, salah satunya adalah Itoh (Edaw). Lengkeng Itoh memang lain dari yang lain, karena asalnya yang dari daerah Sub tropis, perangsangan buah mutlak dibutuhkan. Namanya Potasium Klorat atau ada yang nama dagangnya "Nongfeng" memang harus diberikan untuk merangsang Itoh supaya bisa berbuah. Tanpa itu, si itoh mogok berbuah!
Nah karena Itoh harus dirangsang untuk berbuah, itu justru keunggulan tersendiri; artinya pembungaan Itoh bisa diatur dan ini cocok sekali untuk diusahakan dalam skala yang luas seperti perkebunan. Apalagi jumlah buah dalam dompolannya banyak. Bayangkan, dengan pengaturan atas luas lahan yang tepat, bisa dipastikan kita bisa panen setiap hari! Menyenangkan bukan..........pilihlah si Itoh yang rindu dirangsang!!!!














0 ulasan:

Poskan Komentar

Silahkan Anda berkomentar. Namun tetap menjaga kesopanan. Terima-kasih.

 
Free Web Hosting | Top Web Host