CEK & KLIK Showroom kami di Ungaran - Semarang

Minggu, 19 Desember 2010

Cara Dahsyat Bongkar Pasang Bibit Buah

Seringkali kali trauma masa kecil mengikuti kita terus, menahan kita dari keinginan kita untuk bisa berbuat lebih  banyak, bahkan untuk sekedar memindahkan bibit buah saja. Kita takut kalau bibit pindahan itu kemudian mati. Yang lebih mengenaskan lagi, bila bibit buah itu ternyata benar-benar mati maka orang menyebut tangan kita 'panas', tak pantas lagi untuk urusan pindah-memindahkan bibit. Waladalah, tahayul dari mana itu?

Kenyataan yang sebenarnya adalah perlunya perencanaan sebelum membongkar bibit buah. Banyak hal yang perlu dilakukan. Orang sering buru-buru, begitu punya ide atau keinginan memindahkan bibit buah, maka langsung saja dilakukan pembongkaran saat itu juga. Begitu melihat bibit yang dipindah kemudian mati, timbullah persaan menyesal dan takut mengulanginya lagi. Akibatnya halaman atau kebun kita dibiarkan bak hutan primer saja, carut marut nggak beraturan, dan tanaman buahpun mogok berbuah!

Yah, memang seperti lingkaran setan, perlu keberanian untuk segera menghentikannya dan berkata bahwa kegagalan adalah masa lalu.Dan itu cuma masalah cara saja yang salah.

Mengapa bibit buah perlu dipindahkan mencakup beberapa alasan, namun yang jelas bibit buah tersebut sudah tidak pantas lagi di situ dan harus dipindahkan.

Lantas perencanaan apa sih yang mesti kita siapkan?

Pertama, sadarilah bahwa bibit buah juga makhluk hidup yang memerlukan proses adaptasi dalam menghadapi perubahan lingkungan hidupnya, dan itu tidak sebentar. Pencangkulan dilakukan minim selebar tajuk bibit tanaman, dengan hati-hati, setahap demi setahap, bila perlu pembongkaran dilakukan lebih dari sehari.

Kedua, jelas bahwa akar adalah sang pencari makan, sehingga dalam proses pembongkaran; diupayakan seminim mungkin tidak terjadi kerusakan atau pemotongan akar. Lindungi akar serabut yang kelihatan berwrna putih dari sinar matahari langsung, dengan secepatnya menutupi menggunakan karung atau bahan penutup lain. Siapkan obat penumbuh akar seperti rooton F, yang juga mengobati kerusakan akar akibat pembongkaran, dan diberikan setelah tanaman dipasang/ditanam kembali.

Ketiga, upayakan disiram tanahnya terlebih dahulu, sehingga tanah dalam kondisi basah ketika dibongkar, tidak perlu sampai becek, bila kering akan terjadi perekahan, tanah pecah atau tidak melekat pada akar. 

Empat, siapkan lubang tempat yang baru untuk pemindahan tanaman yaitu seminggu sebelum pembongkaran dilakukan. Dengan kondisi terbuka, kemungkinan besar bibit penyakit di dalam lubang bisa mati. Berikan pupuk organik/kandang dan kapur di dalam lubangnya.

Lima, ketilka tiba waktunya untuk dipindah perlu tenaga kerja yang cukup untuk memindahkannya, atau pakai alat bila dirasa perlu.

Enam, pelindung bibit buah di tempat yang baru tergantung musim, bila pas musim panas menyengat, jelas diperlukan pelindung sementara. Namun bila kondisi lapangan tidak memungkinkan, jangan langsung dipindahkan di lapangan, pindahankan di tempat sementara yang ternaungi, bisa di bawah pohon besar.

Tujuh, dengan hati-hati masukkan tanaman ke dalam lubang. Kemudian ditutup, bila kondisi tanah kurang subur, ganti tanah penutupnya dengan tanah yang subur. Padatkan tanahnya, dan siram bila tidak dalam kondisi panas terik matahari.

Tahap demi tahap dalam bongkar pasang bibit buah perlu dilakukan dengan sabar. Selamat mecoba dan tinggalkan rasa takut.




About Sulis Mono

Pellentesque penatibus, sed rutrum viverra quisque pede, mauris commodo sodales enim porttitor. Magna convallis mi mollis, neque nostra mi vel volutpat lacinia, vitae blandit est, bibendum vel ut. Congue ultricies, libero velit amet magna erat. Orci in, eleifend venenatis lacus.

You Might Also Like

0 ulasan:

Posting Komentar

Silahkan Anda berkomentar. Namun tetap menjaga kesopanan. Terima-kasih.