Hati-hati Bibit Durian Monthong!





Mana ada sih durian yang sehebat ini? Karena Monthonglah raja durian sebenarnya. Apalagi kalo dilihat dari ukuran maupun beratnya, termasuk luar biasa. Harganyapun bikin petani tergiur, bayangkan kalo rata-rata berat per buah 7 Kg, sedangkan harga saat ini di tingkat petani aja sudah Rp 20.000,-. Bisa dibayangkan berapa uang bakal dipetik untuk tiap hektarnya?

Akibatnya banyak petani durian lokal yang rame-rame pindah ke durian Monthong. Tapi apa yang didapat? Saking bernafsunya menanam durian Monthong dalam jumlah besar, mereka membeli bibit durian Mothong dengan harga murah! Semestinya kita waspada bila mendapatkan harga murah untuk bibit buah durian sekelas Monthong (kecuali untuk skala proyek dengan bibit yang  ukurannya kecil).

Ternyata bibit durian Mothong yang dibeli, setelah ditanam 4 tahun lebih tidak berbuah?

Jawabannya kemungkinan besar adalah bibit buah durian yang dibeli bukan Monthong. Atau apakah Anda sudah memperlakukan/memelihara bibit buah Mothong tersebut sesuai standar baku perkebunan, seperti terlihat di contoh foto-foto dibawah ini:


" width="240" />





Share on Google Plus

About Sulis Mono

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 ulasan:

Silahkan Anda berkomentar. Namun tetap menjaga kesopanan. Terima-kasih.