CEK & KLIK

Selasa, 07 Juni 2011

Memindahkan Tanaman Buah, Harus Hati-hati!!


Saya bener-bener mencontoh Walikota Solo pak Joko Wi dalam hal ini. Beliau begitu sabar, bayangkan untuk memindahkan para PKL di lapangan Banjarsari memerlukan puluhan kali makan bareng tanpa membicarakan maksud yang sebenarnya, baru setelah akrab dan nyambung, beliaupun menyampaikan dengan santun sehingga diterima semua pihak dengan legowo. Saya acungin jempol tinggi-tinggi karena inilah yang dinamakan "Nguwongke" memanusiakan para PKL itu, dan beliau tidak menggunakan prosedur baku yang biasa digunakan para pejabat lainnya lewat tangan Satpol PP, mengunakan surat peringatan berkali-kali trus aja gusur dan sikaaat!

Demikian juga bila Anda bermaksud memindahkan tanaman Anda yang sudah besar, Anda harus extra hati-hati tanpa terburu-buru. Ingatlah, akarnya sudah menghujam jauh ke bawah. Akan jadi kejutan yang besar bagi tanaman bila dicerabut begitu saja dari papan asalnya, akan ada reaksi negatif dari tanaman: bisa stres dengan tanda kelayuan di daun. Mencabut tanaman dalam waktu singkat juga membuat akar banyak yang putus, akar serabutnya pun terkena panas matahari langsung yang berakibat mengeringnya ujung-ujung akar. Ini jelas berbahaya bagi kelangsungan hidup tanaman itu sendiri.

Cobalah untuk bersabar, perlu langkah-langkah yang mesti ditunjang baik bahan maupun alatnya. Istilahnya adapatasi pengurangan tanahnya perlu waktu beberapa hari. Perhatikan bagaimana arah akarnya yang kesamping.  Perhatikan juga tanaman yang disebelahnya. Anda bisa memulai dengan membersihkan bagian atas tanahnya dulu.

Ketika mencangkul bentuklah seperti pot untuk bola tanahnya, yang  semakin ke bawah semakin kecil diameternya. Ini akan memudahkan dalam hal pembungkusan dan pengangkatan ke atas nantinya. Peringatan, jangan sampai meninggalkan lubang yang telah Anda gali tersebut sebelum membungkus pot bentukan Anda tadi. Bila pecah bola tanahnya, maka tanaman akan mati!














Setelah dibungkus tanahnya, maka diikat sedemikian rupa supaya memudahkan dalam pengangkatanya ke atas. Sekali lagi prosesnya perlu waktu lama, jadi ini mematahkan anggapan orang bahwa ada tangan panas atau tangan dingin (yang ahli memindahkan tanaman). Kecermatan melihat situasi dan kondisi saat dilakukan pembongkaran dan memindahkan tanaman juga menentukan tinggi rendahnya tingkat kematian tanaman hasil pindahan tadi. Yang jelas Anda perlu melakukannya dengan penuh kehati-hatian, dijamin Anda berhasil.

Juga jangan lupa, lubang tanamannya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum tanaman tiba ditempatnya yang baru dan sudah terisi dengan pupuk kandang sepertiganya. Salah satunya untuk membebaskan lubang dari hama dan penyakit. Baru setelah ditanam, berilah zat perangsang akar, untuk menumbuhkan akar yang terpotong dengan segera, contoh yang paling umum ya Roton F. Monitor dari hari ke hari perkembangan tanaman. OK, selamat mencoba!
About Sulis Mono

Pellentesque penatibus, sed rutrum viverra quisque pede, mauris commodo sodales enim porttitor. Magna convallis mi mollis, neque nostra mi vel volutpat lacinia, vitae blandit est, bibendum vel ut. Congue ultricies, libero velit amet magna erat. Orci in, eleifend venenatis lacus.

You Might Also Like

5 komentar:

  1. saya memindahkan pohon rambutan yang kira2 1M tingginya dari tanah teras depan ke tanah halaman depan pagar (kelak suatu saat akarnya akan mengganggu teras dalam rumah)namun beberapa hari atau 2 hari terlihat layu, apa penyebabnya? padahal saya sudah menggali sampai diameter lebih sampai keakar2nya sekalipun, mohon sharingnya? terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Numpang share, krn tamanan 1 m akarnya pasti sdh melebar, banyak terpotong, memang beresiko besar, ut itu hrs perlakuan ekstra yaitu beri naungan, jgn smapai kena matahari siang dan sore, rajin disirma, siaokan botol air mineral, lubangi dikit supaya ada tetesan secara kontinyu, letajan di tanah, pangkas dahan2, biasanya sebelum dipindahkan, dipangkas lbh dulu, lalu lingkar dan gali, kemudian bungkus dulu seperti cangkokakn, letakan ditempat teduh, selama 2 minggu, lubang disiapkan 1 minggu minimla sebelum proses pemindahan, dan tetap beri naungan,

      Hapus
  2. Terima kasih.
    Kami akan mencobanya. Yang jadi pertanyaan saya apakah setelah pohonnya diangkat bisa langsung ditanam atau harus menunggu beberapa hari/minggu dulu baru boleh ditanam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah diangkat, bungkus, letakan di tempat teduh selama 2 minggu atau lebih sampai nampak daun2nya bertumbuh dan tanaman tdk lagi layu,,

      Hapus
  3. Oh begitu ya, memang perlu kesabaran dalam memindahkan tanaman.

    BalasHapus

Silahkan Anda berkomentar. Namun tetap menjaga kesopanan. Terima-kasih.