CEK & KLIK Showroom kami di Ungaran - Semarang

Rabu, 06 Mei 2015

Teka-teki Bibit Buah Lengkeng "Super Jumbo" King Long

Bak dektektif partikelir, saya mengeluarkan jurus-jurus “mengendusnya” Sherlock Holmes termasuk pakai kaca pembesarnya. Saya juga diam-diam gelar peta perjalanan bagaimana sampainya si King Long ke Kebun Ngebruk. Tanya sana, tanya sini…..loncat sana loncat sini. Nggak krasa beberapa kota sudah saya singgahi termasuk Bogor. Jejak itu pun satu persatu mulai menampakkan diri. Meski tetep saja menyisakan sedikit misteri, paling tidak saya sekarang sudah tahu siapa sebenarnya si King Long ini….
Bagi saya ini proyek yang nggak main-main…dari rasa malu saya menolak order yang jumlahnya dah tembus ribuan bibit (karena hanya baru mampu melayani ratusan saja). Bahkan saya nada2nya mulai dicurigai menyembunyikan bibit-bibit buah ini, sehingga di beberapa daerah harga bibit buah lengkeng King Long ini masih terus bertahan nangkring di angka Rp 500.000,- per bibit buah setelah lebih dari setahun sejak kemunculannya….fantastis! Wah, saya bukan pembibit besar yang bisa goreng menggoreng harga kayak gini.
Kenapa bisa begitu dan apa sich yang ditawarkan lengkeng King Long sehingga pada tergila-gila begini? Apalagi ada instansi pemerintah yang ikut-ikutan promo di media mereka…..beberapa dinaspun mulai minta jatah…..wadewww….pusing…..
Ngrasa sebagai wakil dari pelanggan saya, rasanya malu tenan kalo mereka minta trus saya jawab nggak ada….kayak nggak professional. Apalagi bibit yang sedang ngetrend kayak lengkeng King Long ini. Sejak kemunculannya dah bikin geger perjagatan lengkeng…..buahnya yang buesar dengan manisssnya yang mak nyesss…..bikin banyak orang termehek-mehek bener!!!
Yang bikin keki. ,… kegaduhan itu tidak disertai ketersediaan bibit buah yang cukup dan payahmya lagi: indukkannya hanya ada di kebun Ngebruk….lengkap sudah penderitaan ini….hehhehee.
Ditambah bumbu-bumbu cerita bak misteri dimana lengkeng “hybrid” King Long kabarnya saat awal produksi berbuah kecil-kecil dengan daging tipis dan biji gede di dalamnya. Rasanya cerita ini perlu dipertanyakan lagi, karena lengkeng Itoh saja yang klasnya jauh di bawah nggak sampai segitunya.
La trus kok bisa berdiameter gede sampai 3 cm gitu buahnya? Jurus PENJARANGAN buah yang memotong malai pentil buah lengkeng dan menyisakan 50-60 buah per dompol saja ditengarai sebagai kunci dibalik itu semua……rasanya masuk akal sich. Namun itu tidak cukup untuk membuat buah lengkeng jadi jumbo gitu. Penjaranga dan seleksi buah sudah teramat biasa pada tanaman lengkeng. Yang jelas lengkeng King Long pasti berasal dari bibit buah
lengkeng super, sehingga hasilnya pun BUAH SUPER!
Terus terang, saya senang pada akhirnya saya menemukannya!
Bahkan saya sempat merasa beruntung banget……dulu secara tidak sengaja saya pernah mengamati lama pohon lengkeng super milik seorang kolektor (saya sempat salah duga), saya bener2 dibikin geleng2 kepala……buahnya HEBOH bener. Dalam satu pohon memunculkan banyak dompolan dan dompolannya gede banget. Sayang saking gedenya, dengan umur kurang dari 2 tahun dan tanpa seleksi buah…..pohonnya pun roboh dan mati. Top banget pokoknya! Dan akhirnya, hasil penelusuran saya yang panjang justru salah satunya mengarah pada pohon yang satu ini. Ya udah tinggal bukak arsip lama…..kenyataannya King Long memang pantas jadi rajanya lengkeng!!!! Bravo!!!
About Sulis Mono

Pellentesque penatibus, sed rutrum viverra quisque pede, mauris commodo sodales enim porttitor. Magna convallis mi mollis, neque nostra mi vel volutpat lacinia, vitae blandit est, bibendum vel ut. Congue ultricies, libero velit amet magna erat. Orci in, eleifend venenatis lacus.

You Might Also Like

0 ulasan:

Posting Komentar

Silahkan Anda berkomentar. Namun tetap menjaga kesopanan. Terima-kasih.